Penyebab AC Bocor


Masalah dan Cara Mengatasi air menetes dari AC (bocor)


Pada unit AC biasanya terdapat air dari hasil kondensasi didalam evaporator dan dilepaskan melalui pipa drainase/saluran pembuangan. Saluran pembuangan yang tersumbat oleh kotoran akan menyebabkan kebocoran. Kemungkinan lain adalah refrigerant/freon terlalu sedikit, atau bisa juga disebabkan oleh pemasangan pipa pembuangan yang tidak benar karena bak drainase AC pada indoor sudah tersumbat atau evaporator anda sudah terlalu kotor. 

Untuk pertolongan pertama bersihkan Filternya dari debu/kotoran, lalu bersihkan evaporator mengunakan mesin steam khusus AC. 
Cek tekanan freon AC menggunakan analizer/manipold bisa jadi tekanan freon tidak normal dan sebaiknya diperiksa dan perbaiki dahulu oleh Teknisi sebelum anda menggunakannya kembali. Sangat Disarankan untuk tidak dihidupkan terlebih dahulu karena akan mengakibatkan kerusakan pada Kompressor jika dalam kondisi seperti ini namun masih terap dijalankan.

cara paling mudah untuk mengatasi lubang drain yang tersumbat tadi dapat dilakukan dengan cara menyemprot pipa pembuangan air dari bawah (dengan konsekuensi rangkaian elektrik AC bisa short terkena air). Cara yang lebih aman tentunya dengan menyemprot pipa pembuangan air dari atas (unit indoor AC), cara ini lebih repot karena harus membuka cover unit Indoor AC.
Langkah-langkah yang menyemprot pipa pembuangan air dari atas (unit indoor AC)sebagai berikut:
  1. Membaca manual book dari AC tentang bagaimana cara membuka cover unit Indoor. Membaca manual book ini sangat penting karena bisa jadi ada beberapa baut yang posisinya tersembunyi. Kebetulan AC saya adalah merk Sharp Plasmacluster 1/2PK,dimana untuk membuka cover harus melepas 2 buah baut yang tertanam di bagian dalam.
  2. Kalau perlu cabut steker sumber listrik atau sekering untuk lebih aman
  3. Buka tutup cover sesuai petunjuk dalam manual. Gambar ini menunjukkan cover sudah terbuka.
  4. Cari lubang drain air kondensat, posisinya agak tersembunyi. Kalau sudah ketemu pasang selang kecil (selang yang saya pakai selang untuk aki sepeda motor) seperti gambar berikut.
  5. Semprot/tiup selang tadi menggunakan air, gampangnya kita kumur-kumur pake air (baiknya air minum jaga-jaga kalau tidak sengaja tertelan hehe,,) lalu airnya kita semprotkan ke selang yang kita pasang tadi. Ulangi beberapa kali sampai yakin kotoran yang menyumbat sudah bersih. Bila kita lihat pipa drain di bawah akan terlihat gumpalan kotoran yang menyumbat lubang pembuangan air kondensat.


Setelah selesai rakit kembali unit Indoor. dengan membuka cover unit Indoor kita akan bisa sekalian membersihkan saringan udara dan kisi-kisi evaporator.


0 Komentar untuk "Penyebab AC Bocor"

Back To Top